28 Maret 2012

Surat Suara Belum Sampai ke KIP Gayo Lues

Blangkejeren- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues, belum menerima surat suara pilkada bupati dan wakil bupati di kabupaten itu.



Ketua KIP Gayo Lues Alfin Anhar seperti yang dilansir Antara, Selasa (27/3), mengatakan surat suara dan logistik pilkada sedang dalam perjalanan menuju Blangkejeren, ibu kota Gayo Lues.

"Surat suaranya sedang dalam perjalanan dari Medan, Sumatera Utara. Kemungkinan dijadwalkan tiba Rabu (28/3) besok. Surat suara ini dicetak di Medan, Sumatera Utara," katanya.

Pilkada bupati dan wakil bupati Gayo Lues digelar 9 April 2012. Pilkada tersebut digelar serentak dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh serta pemilihan 16 bupati/wali kota di Provinsi Aceh.

Pilkada bupati dan wakil bupati Gayo Lues diikuti tiga kontestan, yakni pasangan Abdul Karim dan Nurhayati, Irmawan berpasangan dengan H Abulia Ibrahim, serta H Ibnu Hasim dan Adam.

Menurut dia, surat suara yang dicetak sebanyak 56.173 lembar ditambah 2,5 persen dari jumlah tersebut. Jumlah 2,5 persen tersebut merupakan surat suara cadangan.

"Jika surat suara ini kami terima langsung disortir, sehingga bisa diketahui berapa jumlah yang rusak. Apabila ada surat suara rusak, langsung dikirim ke percetakan agar digantikan, sehingga tidak kekurangan di saat hari pencoblosan," katanya.

Ia mengatakan, jika proses penyortiran dan pelipatan surat suara selesai langsung didistribusikan ke tempat pemungutan suara yang tersebar di 235 titik di 11 kecamatan di Gayo Lues.

"Distribusi surat suara maupun logistik pilkada lainnya seperti tinta, formulir pengisian dan lain sebagainya paling telat tiga hari sebelum hari pencoblosan," kata Alfin Anhar.

Kabupaten Gayo Lues berada di gugusan pegunungan Bukit Barisan, memiliki luas wilayah 5.719 kilometer persegi dengan ibu kota Blangkejeren.

Sebagian besar wilayahnya merupakan area Taman Nasional Gunung Leuser. Jaraknya tempuh dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, sekitar 12 jam perjalanan darat.[]

Artikel Terkait