09 April 2012

Kertas Suara Beredar Sebelum Pilkada di Abdya

Banda Aceh - Pihak Panitia pengawas pemilihan kepala daerah (Panwas Pilkada) melaporkan temuan beredarnya kertas suara asli di tangan masyarakat sebelum dimulainya pemungutan suara di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh.

"Kasus terbaru kami menemukan kertas suara asli beredar sebelumnya pemungutan suara, dan kasus tersebut sudah kami laporkan ke pihak kepolisian setempat," kata anggota Panwas Pilkada Aceh Asqalani di Banda Aceh, Minggu (8/4).

Hal itu disampaikan dalam rapat persiapan terakhir pilkada gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota yang pemungutan suara akan dilaksanakan serentak pada 9 April 2012.

Rapat tersebut dihadiri Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Djohermansyah, Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi A Karim, Kapolda Irjen (Pol) Iskandar Hasan, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Adi Mulyono dan pejabat dari Menkopolhukam.

Menanggapi temuan kertas suara sebelum hari "H" pemungutan suara, Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan menegaskan pihaknya telah meminta Kapolres Abdya untuk menindak lanjuti dan mengusutnya sampai tuntas.

"Itu merupakan pelanggaran yang tidak bisa dibiarkan dan saya telah memerintahkan Kapolres setempat untuk mengusutnya sampai tuntas," katanya menambahkan.

Dipihak lain, Kapolda menegaskan masalah keamanan tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kepolisian telah menempatkan personil ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS), termasuk ke daerah terpencil.

"Keamanan di TPS-TPS dan distribusi kertas suara tidak menjadi masalah dan kami telah mengerahkan personil untuk itu," katanya menegaskan.

Kapolda menjelaskan, untuk pengamanan pemungutan suara pilkada pihaknya telah memetakan TPS atau kawasan yang dianggap rawan yakni sepanjang pesisir timur Provinsi Aceh.

"Ada beberapa daerah yang kita ekstrakan pengamanan yakni Pidie, Bireuen, Aceh Utara dan Aceh Timur. Daerah ini menjadi perhatian ekstra untuk pengamanan," katanya menjelaskan.

Pihak kepolisian mengerahkan lebih 8.000 personil pengamanan pemungutan suara pilkada, selain juga mendapat dukungan dari prajurit TNI.[ant]

Artikel Terkait