19 April 2012

Prosentase Pemilih di Aceh Lebih 75 Persen

Banda Aceh — Sebanyak 75,73 persen pemilih di Aceh menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur tanggal 9 April lalu. Jumlah ini lebih tinggi dari rata-rata partisipasi di tingkat nasional.

“Partisipasi pemilih di tingkat nasional rata-rata 65-75 persen,” kata Komisioner KIP Akmal Abzal, dalam konferensi pers di Media Center KIP, hari ini, Rabu (18/4).

Prosentase ini, menurut Akmal, diperoleh dari pengurangan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah diputuskan sebelumnya dengan pemilih yang menggunakan hak pilihnya, kemudian dibandingkan denganjumlah total DPT.

Berdasarkan Surat Keputusan KIP Nomor 37 Tahun 2012 tentang Rekapitulasi Jumlah Pemilih Terdaftar dan Jumlah TPS dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2012, jumlah pemilih di Aceh tercatat sebanyak 3.244.729. Sedangkan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang dilakukan kemarin jumlah pemilih yang menggunakan haknya sebanyak 2.457.196.

“Dengan demikian terdapat sebanyak 787.533 warga yang tidak memberikan suaranya atau 24,27 persen,” ungkap Akmal.

Tingkat prosentase pemilih yang mencapai 75 persen, menurut Wakil Ketua KIP Ilham Saputra, hampir sama dengan tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009.

Ilham menambahkan tingkat partisipasi pemilih terendah ada di Banda Aceh yang mencapai 56,39 persen, sedangkan partisipasi tertinggi ada di Gayo Lues yang mencapai 88,08 persen. “Rendahnya partisipasi di Banda Aceh tidak mengherankan. Ini adalah fenomena yang biasa terjadi di perkotaan,” ujar Ilham.[]

Lihat selengkapnya :Tabel Partisipasi Pemilih di Aceh

Artikel Terkait