04 April 2012

Survei ORI: Zaini-Muzakkir Pemenang Pilkada 2012

Banda Aceh – Pasangan dr Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf dipastikan memenangi Pilkada Aceh 2012. Hasil survei Occidental Research Institute (ORI) terhadap 3.728 responden, pasangan yang diusung Partai Aceh itu dipilih oleh 1.698 responden (46 persen).

“Alasan responden memilih dr Zaini-Muzakkir karena dianggap sebagai pejuang perdamaian, pejuang martabat Aceh, dan memiliki andil besar terhadap lahirnya MoU Helsinki dan UUPA,” ujar Direktur ORI, Maimun bin Lukman, dalam konferensi pers di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Rabu (4/4).

Maimun menjelaskan, untuk posisi kedua ditempati pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan dengan dukungan 809 suara (22 persen), disusul Muhammad Nazar-Nova Iriansyah di posisi ketiga yang dipilih oleh 282 responden (8 persen). Selanjutnya, pasangan Darni Daud-Ahmad Fauzi 186 suara (5 persen), dan Ahmad Tajuddin atau Abi Lampisangan-Teuku Suriansyah 142 responden (4 persen).

Menurut Maimun, survei tersebut dilakukan selama 10 hari, sejak 10-20 Maret 2012 dengan menggunakan dua jenis data, kuantitatif dan kualitatif.  “Survei kita lakukan di 264 kecamatan dari 23 Kabupaten/Kota. Tapi tidak dilakukan di setiap gampong, karena tiap kecamatan diambil dua gampong sampel,” jelasnya.

Survei ORI kali ini jauh berbeda dengan survei-survei sebelumnya. Seperti diketahui, dalam dua survei yang dipernah dilakukan ORI, H Muhammad Nazar selalu unggul dengan memperoleh lebih 40 persen suara. Hanya saja, saat itu kandidat dari Partai Aceh belum mendaftar. Seperti hasil yang diumumkan di The Palace Coffe, Lamnyong Banda Aceh, Rabu (2/11/11), mantan aktivis SIRA itu memimpin dengan perolehan 53,1 % suara, diikuti Irwandi Yusuf (40,6 %), dan Teungku Ahmad Tajuddin (3,9 %). Sementara responden yang belum menentukan pilihan sebesar 2,4 %.

Saat ditanyakan kenapa hasil survei kali ini berbeda, peneliti ORI, Marta Hadi, menjawab bahwa masyarakat Aceh itu dinamis. “Masyarakat Aceh itu sangat dinamis, setiap saat pilihan mereka bisa berubah,” jawab Marta Hadi singkat. []

Baca juga: Survei ORI: Muhammad Nazar Masih Memimpin

Artikel Terkait