12 April 2012

Ratusan Murid SD Doa Tolak Gempa

Banda Aceh - Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 di Jalan Chik Ditiro, Banda Aceh mengikuti doa bersama sebelum memulai pelajaran Rabu (12/4) pagi.

Doa tersebut dipimpin salah seorang guru agama. Guru dan murid berharap agar Aceh tidak dilanda gempa susulan dengan skala tinggi yang menyebabkan tsunami.

"Kami dan anak-anak berdoa tolak bala semoga Aceh tidak dilanda bencana lagi," kata Siti Fachriahanum, Kepala Sekolah SDN 3 Banda Aceh.

Menurut Siti, di sekolahnya terdapat 486 murid. Saat gempa dengan kekuatan 8,5 Skala Richter terjadi pukul 15:38 WIB terjadi kemarin, anak-anak sedang ada di sekolah. Kepanikan yang terjadi menyebabkan murid menjadi trauma.

"Doa ini juga untuk pemulihan trauma para murid," kata Siti.

Siti tidak meliburkan sekolah pada Rabu, namun ia sudah berencana menghentikan proses belajar bila gempa susulan terjadi. Pihaknya berharap, para orang tua siaga dan menjemput anak-anaknya kalau gempa terjadi.

"Kita akan amankan anak-anak dulu, baru tutup sekolah kami berharap kalau gempa orang tua segera jemput," kata Siti.

Siti mengaku pihaknya belum mengetahui apa yang harus dilakukan bila terjadi gempa dan tsunami. Pasalnya, di sekolah yang dipimpinnya  belum pernah diselenggarakan pelatihan tanggap bencana.

"Kami harap pihak terkait bersedia mengajarkan kami dan murid-murid menyikapi bencana," katanya.[Azka]

Artikel Terkait