05 April 2012

Polresta Siap Amankan Debat Kandidat Cagub Aceh

Banda Aceh - Polresta Banda Aceh menyatakan siap mengaman debat kandidat gubernur Aceh yang berlangsung Kamis (5/4) dimulai pukul 19.30 WIB.



"Kami siap mengamankan lokasi dan jalannya debat kandidat tersebut," kata Wakil Kepala Polresta Banda Aceh AKBP Sugeng Hadi Sutrisno di Banda Aceh, Rabu (4/4).

Ia mengatakan, pengaman tersebut didukung personel Brimob dan Sabhara Polda Aceh termasuk tim penjinak bom. Termasuk menempatkan penembak jitu di titik-titik tertentu.

"Kami menjamin para penembak jitu itu sudah teruji kemampuannya serta menggunakan senjata yang lengkap. Senjatanya juga dijamin tidak macet," ungkap AKBP Sugeng.

"Secara umum, kami mengerahkan 350 personel. Personel tersebut dibagi empat kelompok, satu kelompok di hotel tempat berlangsungnya debat kandidat, kelompok lain berpatroli di tempat lain, termasuk menggelar razia rutin," katanya.

Selain itu, kata dia, kepolisian juga menyediakan mobil pengamanan yang akan mengamankan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sebelum debat kandidat berlangsung, lanjut dia, kepolisian juga melakukan sterilisasi hotel tempat berlangsungnya acara. Hal ini dilakukan agar hotel tersebut benar-benar aman dari ancaman.

Polisi, juga akan memperketat serta memeriksa setiap orang yang akan menghadiri debat kandidat tersebut. Mereka yang diperkenankan masuk ke tempat acara hanya yang mendapat undangan serta diberi tanda pengenal khusus, termasuk kalangan wartawan.

"Teknisnya, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh yang mengaturkan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan KIP Aceh. Yang jelas, kami siap mengamankan acara tersebut," kata AKBP Sugeng Hadi Sutrisno.[ant]

Artikel Terkait