18 April 2012

Zikir Pastikan Pimpin Aceh Lima Tahun ke Depan

Banda Aceh – Sidang pleno rekapitulasi suara hasil pemilukada Aceh 2012, menetapkan pasangan Zaini – Muzakir  (Zikir) memperoleh suara terbanyak dengan total 1.327.695 suara atau 55,75 persen. Dengan demikian, Zikir berhak pimpin Aceh lima tahun ke depan.

[caption id="attachment_5401" align="alignleft" width="300" caption="Kandidat dari Partai Aceh Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf"][/caption]

Wakil Ketua KIP Aceh Ilham Saputra menyatakan, meskipun di beberapa kabupaten terjadi ketegangan, rekapitulasi penghitungan suara oleh KIP Aceh tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

"Meskipun ada gejolak politik pascapilkada yang terjadi di beberapa daerah di Aceh seperti di Gayo Lues dan Aceh Tengah, proses rekapitulasi suara untuk tingkat gubernur tetap dilaksanakan," ujarnya.

Ilham menjelaskan, pelaksanaan pilkada di Aceh secara umum berjalan lancar, bahkan KIP kabupaten- kota sudah menggelar rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara.

Pilkada gubernur-wakil gubernur Aceh diikuti lima pasangan calon, yakni Zaini Abdullah-Muzakir Manaf, Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah M Darni Daud-Ahmad Fauzi dan pasangan Tgk Ahmad Tajuddin-Suriansyah.

Perolehan Suara

Pasangan gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Aceh (PA), mendapatkan kemenangan telak di di 14 Kabupaten/Kota, yaitu, Bireuen, Lhokseumawe, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Besar, Aceh Utara, Simeulue dan Gayo Lues dan mampu mengantongi suara terbanyak dengan total 1.327.695 dukungan.

Sementara di urutan kedua perolehan suara, ditempati pasangan dari jalur perseorangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan yang memperoleh 694.515 suara atau 29,18 persen. Pasangan ini mampu meraih suara terbanyak di 9 Kabupaten/Kota, yaitu, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Banda Aceh, Langsa, Sabang, Subulussalam, Aceh Singkil, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Nazar – Nova selaku pasangan yang diusung partai nasional (Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan) memperoleh 182.876 suara atau 7,65 persen. Menyusul kemudian Darni M. Daud-Ahmad Fauzi dan Teungku Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah yang menempati urutan ke empat dan ke lima dengan perolehan 96.767 suara (4,07 persen) dan 79.330 suara (3,33 persen).

Kata Ilham, ini merupakan rekapitulasi hasil akhir perolehan suara pilkada 2012.

“Alhamdulillah, kita sudah menyelesaikan rekapitulasi pilkada untuk pemilihan gubernur,” kata Ilham Saputra.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Zaini-Muzakir, Kamaruddin Abubakar menyambut baik kemenangan pasangan yang diusung Partai Aceh.

“Ini kemenangan rakyat Aceh, bukan hanya kemenangan Partai Aceh dan mantan kombatan GAM saja,” kata Kamaruddin Abubakar pada wartawan.

Ia mengajak agar masyarakat, baik yang memilih maupun tidak untuk memberikan dukungan kepada pemerintahan terpilih.

“Mari sama-sama kita membangun Aceh, agar daerah ini menjadi lebih sejahtera dan damai,” katanya.[]

Artikel Terkait