05 April 2012

Polri Siap Amankan 8.848 TPS di Aceh

Jakarta - Polri siap mengamankan 8.848 tempat pemungutan suara (TPS) saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada tanggal 9 April 2012 mendatang.



[caption id="" align="alignleft" width="300" caption="Irjen Pol Saud Usman Nasution"][/caption]

"Mudah-mudahan sudah tidak ada hambatan dari Polri selaku pengamanan dengan kekuatannya sudah siapkan dari 8.848 TPS akan mengamankan di Aceh," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat ( Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution di Jakarta, Kamis (5/4).

Irjen Saud Usman Nasution mengatakan Polri akan menurunkan 2/3 kekuatan Polri di Aceh yaitu sebanyak 7.930 orang akan melaksanakan pengamanan di TPS-TPS. Polisi akan dibantu oleh kekuatan mabes TNI sebanyak 1.749 orang.

"Kekuatan tersebut sudah bisa mengamankan pelaksanaan pada tanggal 9 April mendatang. Disamping itu juga mengingat kondisi Aceh ada teror-teror," kata Kadiv Humas.

Selain itu, katanya, pengamanan juga dibantu Brimob dari Polda Aceh sejumlah 1.728 orang yang sudah bertugas sejak 19 Maret 2012. "Untuk BKO Mabes Polri mengerahkan khususnya reserse intelijen serta tim khusus fungsinya Labfor telah tiba disana 24 Maret lalu," kata Saud.

Pilkada gubernur dan wakil gubernur Aceh diikuti lima pasang, yakni pasangan Tgk Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah, Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Darni M Daud-Ahmad Fauzi, Muhammad Nazar-Nova Iriansyah dan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf.

Selain pemilihan gubernur-wakil gubernur, pilkada juga akan memilih sebanyak 137 pasang calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota dari 17 kabupaten dan kota pada 9 April 2012. Sementara lima kabupaten dan kota lainnya di Aceh masa jabatan kepala daerahnya akab habis akhir 2012 dan awal 2013.

Masa kampanye para kandidat calon pemimpin Aceh telah berjalan sepekan, terhitung sejak 22 Maret 2012. Dan selama sepekan terakhir, eskalasi politik di sejumlah daerah di Aceh mulai meningkat, bahkan nyaris membuka peluang bentrokan antar massa kandidat. [Ant]

Artikel Terkait