08 April 2012

Masyarakat Diminta Tidak Takut ke TPS

Idi- Masyarakat Aceh Timur, Aceh Tamiang dan Kota Langsa diminta tidak takut menuju tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan haknya memilih gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati pada pilkada 9 April 2012.

"Masyarakat tidak perlu takut dengan ancaman dan intimidasi. Semuanya harus kita lawan, dan saya meminta laporkan kepada pihak berwajib jika ada intimidasi dalam pilkada," kata Dandim 0104/Aceh Timur Letkol (Inf) Mohamad Hasan di Idi, Minggu (8/4).

Seperti dikutip Kepala Bagian Humas Sekda Aceh Timur Eddyanto, Dandim mengimbau masyarakat khususnya di tiga wilayah yakni Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang agar menggunakan hal pilihnya pada pilkada.

TNI dan Polri telah siap mengamankan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya dalam pilkada.

Untuk kelancaran dan suksesnya pilkada, Dandim juga meminta tim sukses, pendukung para kandidat baik gubernur maupun bupati dan wali kota tidak melakukan tindakan intimidasi, ancaman dan pemaksaan kehendak kepada masyarakat.

"Ayo kita lawan bersama-sama setiap intimidasi dan kekerasan dalam pilkada ini. Dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat, personel TNI Kodim 0104/Aceh Timur terus melakukan patroli rutin bersama unsur Polri terutama di kawasan yang dianggap rawan," kata Mohamad Hasan.

Personel Kodim 0104 Aceh Timur bukan hanya memberikan pengamanan ketika berlangsungya pemilihan, akan tetapi siap siaga hingga selesainya penghitungan suara.

"Bahkan pengamanan juga diberikan ketika pengantaran kotak suara dari TPS ke kecamatan hingga ke kantor KIP untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Di pihak lain, Eddyanto mengatakan pemerintah dan muspida Aceh Timur terus menyosialisasikan pilkada damai kepada masyarakat.

"Salah satunya melalui 'ngopi bareng' muspida bersama elemen masyarakat serta para calon bupati/wakil bupati, tim sukses pemenangan masing masing calon," kata dia.

Pada "ngopi bareng" itu antara lain dihadiri Penjabat Bupati Aceh Timur Nasrullah Muhammad, Sekda Syaifannur, Dandim Letkol Inf Mohamad Hasan, Kapolres AKBP Iwan Eka Putra, Kajari Hasanuddin , Ketua Panwaslu Irhamsyah, Wakil Ketua DPRK Tgk Hasanuddin.[ant]

Artikel Terkait